Kuningan, UPMKNews -- Evaluasi orang tua terhadap anak usia dini sangat penting untuk memahami perkembangan dan kebutuhan anak.Evaluasi ini membantu orang tua mengidentifikasi area di mana anak mereka dapat berkembang lebih baik, serta memberikan kesempatan untuk memperbaiki hubungan dan memperkuat ikatan dengan anak mereka.

Berikut adalah beberapa strategi evaluasi yang dapat digunakan oleh orang tua untuk mengevaluasi perkembangan anak usia dini: 1. Observasi terstruktur: Orang tua dapat melakukan observasi terstruktur dengan memilih waktu tertentu untuk mengamati anak secara khusus. Mereka dapat membuat daftar pertanyaan atau daftar perilaku yang ingin diamati. Observasi terstruktur ini membantu orang tua untuk fokus pada aspek perkembangan yang spesifik.

2. Portofolio perkembangan: Orang tua dapat membuat portofolio perkembangan anak dengan mencatat dan menyimpan karya-karya anak seperti gambar, tulisan, atau proyek yang mereka lakukan. Portofolio ini dapat menjadi bukti konkret dari kemajuan anak dari waktu ke waktu dan memberikan gambaran visual tentang perkembangan mereka. 3. Jurnal perkembangan: Orang tua dapat membuat jurnal perkembangan untuk mencatat kejadian atau pencapaian penting yang terjadi sepanjang perjalanan perkembangan anak. Mereka dapat menulis catatan harian tentang perkembangan fisik, sosial, emosional, atau kognitif anak. Jurnal ini membantu orang tua untuk merefleksikan dan melacak perkembangan anak dengan lebih terperinci.

4. Penggunaan skala perkembangan: Orang tua dapat menggunakan skala perkembangan yang telah ada, seperti Ages and Stages Questionnaires (ASQ) atau skala pengukuran perkembangan Bayley, untuk mengevaluasi perkembangan anak. Skala ini memiliki pertanyaan atau tugas yang dapat diberikan kepada anak untuk melihat kemampuan mereka dalam berbagai area perkembangan. 5. Kolaborasi dengan tenaga profesional: Orang tua dapat bekerja sama dengan dokter anak, psikolog anak, atau tenaga profesional lainnya untuk melakukan evaluasi perkembangan secara lebih formal. Tenaga profesional ini dapat memberikan tes atau melakukan observasi terstruktur yang lebih mendalam. Hasil evaluasi ini dapat memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang perkembangan anak.

6. Mengikuti program pendidikan anak usia dini: Orang tua dapat memasukkan anak ke dalam program pendidikan anak usia dini, seperti taman kanak-kanak atau playgroup. Program ini umumnya memiliki kurikulum yang dirancang untuk mempromosikan perkembangan holistik anak. Melalui partisipasi dalam program ini, orang tua dapat melihat bagaimana anak berinteraksi dan belajar dalam lingkungan sosial yang terstruktur. 7. Diskusi dengan pendidik atau pengasuh: Orang tua dapat berkomunikasi dengan pendidik atau pengasuh anak untuk mendapatkan umpan balik tentang perkembangan anak. Mereka dapat mengadakan pertemuan atau diskusi rutin dengan pendidik untuk membahas perkembangan anak dalam lingkungan sekolah atau tempat penitipan anak.

Penting untuk menggabungkan beberapa strategi evaluasi ini untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap tentang perkembangan anak usia dini. Setiap strategi memiliki kelebihan dan kelemahan sendiri, dan melibatkan berbagai sumber informasi dan perspektif dapat memberikan evaluasi yang lebih akurat.

Salsabila Suci Cahyati
PGPAUD Semester 6

Editor: Deliya